Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra
Vol 8 No 1 Juni 2025

Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 122340 Pematangsiantar

Siahaan, Nitalin (Unknown)
Sirait, Esti Marlina (Unknown)
Thesalonika, Emelda (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini dilakukan di kelas V UPTD SD Negeri 122340 Pematangsiantar pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain pre-eksperimental yaitu One Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V berjumlah 22 orang. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest siswa sebesar 63,4 dan meningkat menjadi 86,9 pada postest. Sebanyak 21 siswa dinyatakan tuntas dan hanya 1 siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP). Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai thitung= 11,405 dan t-tabel =1,721 dengan signifikan 0,00<0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V di UPTD SD Negeri 122340 Pematangsiantar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PENDISTRA

Publisher

Subject

Education Other

Description

Terbit dua kali setiap Tahunnya yaitu Periode I Juni dan Periode II Desember . Pendidikan Bahasa Indonesia & Sastra berisi artikel-artikel ilmiah yang meliputi kajian di bidang Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, Metode Pembelajaran, serta penelitian-penelitian lain yang terkait dengan ...