Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra
Vol 8 No 1 Juni 2025

Pengaruh Media Animasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPAS Pada Kelas V SDN 091273 Karang Bangun Pamatang Simalungun

Sigiro, Riris (Unknown)
Tambunan, Janwar (Unknown)
Barus, Maria (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media animasi terhadap peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) pada siswa kelas V SDN 091273 Karang Bangun Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental jenis One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 28 orang, dengan teknik total sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui tes pilihan ganda sebanyak 25 soal yang telah divalidasi dan dianalisis dari segi reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesulitan. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas (Shapiro-Wilk), perhitungan skor N-Gain, dan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan skor rata-rata siswa dari 62,78 (pretest) dengan tingkat ketuntasan 10,71% menjadi 87,71 (posttest) dengan tingkat ketuntasan 100%. Skor N-Gain rata-rata sebesar 0,7155 yang termasuk dalam kategori peningkatan sedang, dengan efektivitas pembelajaran sebesar 71,55%. Hasil uji t menunjukkan t_hitung > t_tabel (20,06 > 1,70), yang berarti media animasi memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PENDISTRA

Publisher

Subject

Education Other

Description

Terbit dua kali setiap Tahunnya yaitu Periode I Juni dan Periode II Desember . Pendidikan Bahasa Indonesia & Sastra berisi artikel-artikel ilmiah yang meliputi kajian di bidang Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, Metode Pembelajaran, serta penelitian-penelitian lain yang terkait dengan ...