Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi stakeholder terhadap implementasi manajemen strategi di lembaga pendidikan dan faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilannya. Pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus digunakan untuk mengumpulkan data melalui wawancara mendalam, diskusi kelompok terfokus (FGD), observasi partisipatif, dan analisis dokumen pada beberapa lembaga pendidikan, madrasah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi stakeholder bervariasi tergantung pada tingkat keterlibatan, kualitas komunikasi, dukungan sumber daya, dan gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh pimpinan lembaga. Stakeholder yang dilibatkan secara aktif dan diberikan pemahaman yang jelas cenderung memiliki persepsi positif dan mendukung implementasi strategi dengan lebih baik. Sebaliknya, kurangnya partisipasi dan komunikasi yang tidak efektif menyebabkan persepsi negatif, resistensi, dan hambatan dalam pelaksanaan strategi. Penelitian ini menekankan pentingnya melibatkan stakeholder sejak tahap perencanaan hingga evaluasi, memperkuat komunikasi, serta memberikan dukungan sumber daya yang memadai untuk meningkatkan keberhasilan implementasi strategi. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu lembaga pendidikan dalam mengembangkan kebijakan dan praktik manajemen yang lebih inklusif dan efektif.This study aims to explore stakeholders' perceptions of the implementation of strategic management in educational institutions and the factors influencing its success. A qualitative approach using a case study method was employed to collect data through in-depth interviews, focus group discussions (FGDs), participatory observations, and document analysis across various educational institutions madrasahs. The findings reveal that stakeholders' perceptions vary depending on the level of involvement, quality of communication, resource support, and leadership style applied by institutional leaders. Stakeholders who are actively involved and provided with a clear understanding tend to have positive perceptions and better support the implementation of strategies. Conversely, a lack of participation and ineffective communication leads to negative perceptions, resistance, and obstacles in strategy implementation. This study highlights the importance of involving stakeholders from the planning to the evaluation stages, strengthening communication, and providing adequate resource support to enhance the success of strategy implementation. The implications of this research are expected to assist educational institutions in developing more inclusive and effective management policies and practices.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025