Pondok Pesantren Modern Tazaka telah menerapkan Program Bilingual untuk meningkatkan kemampuan bahasa Arab dan Inggis pada santri. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Program Bilingual menggunakan model Evaluasi Kirpatrick, yang mencakup aspek reaksi, pembelajaran, dan perubahan perilaku santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan kajian pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program bilingual telah memberikan dampak positif terhadap kemampuan bahas santri, dengan peningkatan signifikan pada pemahaman serta kemampuan berbicara dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris. Namun, terdapat beberapa tantangan dalam menerapkan program ini, terutama terkait dengan keterbatasan sumber daya dan kesesuain materi yang digunakan. Para pendidik memberikan penilaian positif terhadap program ini, meskipun menyarankan adanya perbaikan dalam pengelolaan waktu dan peningkatan metode pengajaran. Temuan ini memberikan gambaran yang jelas tentang keberhasilan dan tantangan program bilingual, serta memberikan saran untuk peningkatan kualitas implementasinya di masa depan.The Tazaka Modern Islamic Boarding School has implemented a bilingual program to enhance the Arabic and English language skills of its students. This study aims to evaluate the effectiveness of the bilingual program using the Kirkpatrick evaluation model, which includes the aspects of reaction, learning, and behavior change of the students. The research employs a descriptive qualitative approach with data program has had a positive impact on the students' language skills, with significant improvements in comprehension and speaking abilities in both Arabic and English. However, there are some challenges in implementing this program, particularly related to limited resources and the alignment of the materials used. The educators provide positive assessments of the program, although they suggest improvements in time management and teaching methods. These findings offer a clear picture of the successes and challenges of the bilingual program and provide recommendations for enhancing its implementation in the future.
Copyrights © 2025