J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan)
Vol 5, No 1 (2024): FEBRUARI

PERBANDINGAN PENGARUH METODE INKLUSI DAN METODE PENUGASAN KETERAMPILAN PASSING ATAS BOLA VOLI

Jahara, Dianic Fajar (Unknown)
Suhendra, Dede Iman (Unknown)
Sugiawardana, Ruli (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data observasi pembelajaran bola voli yang menunjukkan banyak kendala sehingga perolehan hasil belajar siswa tidak mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 70%. Hasil belajar tersebut belum menunjukan hasil yang optimal, bahkan cenderung tetap. Salah satunya adalah metode pembelajaran yang digunakan oleh guru. Untuk merespons hal itu, peneliti menggunakan dua metode pembelajaran, yaitu metode inkusif dan metode penugasan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh dari metode inklusif dan metode penugasan terhadap keterampilan passing atas bola voli pada siswa SMA Negeri 1 Bantarujeg. Peneliti menggunakan metode penelitian true-eksperiment design dengan bentuk two group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini sebanyak 30 siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli. Sampel yang digunakan sebanyak 30 siswa. Dari tabel ternyata thitung memiliki nilai 2,27dan 2,72 lebih besar dari ttabel dalam taraf kepercayaan 0,95 dengan dk = 14 atau dapat dinyatakan dalam statistik : -1.76>2,27 dan 2,72> 1.76. Artinya hipotesis nol ditolak, atau terdapat pengaruh yang signifikan antara metode inklusif dan metode penugasan terhadap keterampilan passing atas bola voli pada siswa SMA Negeri 1 Bantarujeg. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara metode inklusif dan metode penugasan terhadap keterampilan passing atas bola voli pada siswa SMA Negeri 1 Bantarujeg.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

J-KIP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) merupakan jurnal untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam bidang Pendidikan. Terbit secara berkala satu tahun tiga kali yakni pada bulan Februari, Juni dan Oktober. J-KIP dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh dan ...