Sebagai pusat kesehatan masyarakat, RSD Kalisat harus mampu menyediakan semua kebutuhan layanan kesehatan masyarakat. Kombinasi kepemimpinan yang melayani (servant leadership), disiplin kerja yang ketat, dan etos kerja yang sangat profesional diperlukan untuk mendapatkan hasil maksimal dari kinerja pegawai. Pencapaian kinerja pegawai dipengaruhi oleh sejumlah tantangan yang berkelanjutan, termasuk disiplin yang buruk, motivasi yang rendah, dan gaya kepemimpinan yang tidak efektif. Profesionalisme, disiplin, dan kepemimpinan yang melayani merupakan faktor penting dalam menentukan keberhasilan pegawai di RSD Kalisat. Dalam penelitian ini, 168 peserta disurvei dengan menggunakan strategi pengambilan Nonprobability sampling yang mencakup pendekatan purposive sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif explanatory. Uji hipotesis dan instrumen, asumsi klasik, regresi linier berganda, dan koefisien determinasi membentuk pendekatan analisis data untuk penelitian ini. Dengan menggunakan tingkat kontribusi 95% sebagaimana ditentukan oleh uji Koefisien Determinasi R2, hasil menunjukkan bahwa kepemimpinan yang melayani, disiplin kerja, dan profesionalisme semuanya memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pencapaian kinerja pegawai di RSUD Kalisat.
Copyrights © 2025