Proses penerimaan siswa baru yang efektif dan efisien sangat penting untuk menunjang kualitas layanan pendidikan. Penelitian ini membahas perancangan antarmuka pengguna (user interface/UI) sistem penerimaan siswa baru berbasis web dengan menerapkan metode Design Thinking. Metode ini dipilih karena berfokus pada kebutuhan dan pengalaman pengguna dalam setiap tahap pengembangannya. Penelitian dilakukan melalui lima tahapan Design Thinking, yaitu: empathize, define, ideate, prototype, dan test. Hasil dari proses ini adalah rancangan antarmuka yang responsif, intuitif, dan ramah pengguna, yang memudahkan calon siswa dan pihak sekolah dalam proses pendaftaran. Pengujian terhadap prototipe menunjukkan bahwa pendekatan ini mampu meningkatkan kepuasan pengguna serta mengurangi kesalahan input data. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan sistem informasi pendidikan berbasis web yang berpusat pada pengguna dengan pendekatan yang iteratif dan partisipatif.
Copyrights © 2025