Jurnal Riset Multidisiplin Edukasi
Vol. 2 No. 5 (2025): Jurnal Resit Multidisiplin Edukasi (Edisi Mei 2025)

Kewajiban Transparansi dan Perlindungan Data Pengguna Dalam Layanan Paylater Pada Aplikasi Shopee

Fadillah, Nessya (Unknown)
Diah Pitaloka, Andini (Unknown)
Herfina, Nur (Unknown)
Handayani, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2025

Abstract

Kemajuan teknologi digital dan sistem pembayaran online telah menghadirkan berbagai inovasi dalam kehidupan, salah satunya adalah layanan paylater yang memungkinkan pengguna membeli barang atau jasa dengan pembayaran yang ditunda. Shopee, sebagai salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia, menyediakan layanan paylateruntuk mempermudah transaksi para penggunanya. Namun, di balik kemudahan ini, terdapat persoalan penting terkait kewajiban transparansi dan perlindungan data pribadi pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kewajiban transparansi yang harus dipenuhi oleh Shopee dalam menyelenggarakan layanan paylater, serta mengevaluasi sejauh mana perlindungan terhadap data pribadi pengguna dilakukan sesuai denganregulasi yang berlaku, khususnya Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (UU PDP). Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan yang dihadapi Shopee dalam mematuhi kewajiban hukum dan etika terkait perlindungan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun Shopee telah melakukan sejumlah langkah untuk menjamin transparansi dalam pengelolaan data pengguna, masih terdapat kekurangan dalam praktik perlindungan data pribadi, terutama dalam hal pemberitahuan kepada pengguna tentang pemrosesan data dan hak-hak yang dimiliki pengguna atas data tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan perlunya penguatan mekanisme pengawasan baik secara internal maupun eksternal, serta peningkatan kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku agar perlindungan data pengguna dapat terjamin secara optimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurmie

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Riset Multidisiplin Edukasi adalah jurnal peer-review yang bertujuan untuk memfasilitasi pertukaran pengetahuan dan ide-ide inovatif di antara para peneliti, akademisi, dan praktisi dari berbagai disiplin ilmu. Kami menerima kontribusi ilmiah dalam bentuk artikel penelitian, tinjauan pustaka, ...