Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan suatu pendekatan sistematis yang dilakukan oleh guru untuk memperbaiki proses pembelajaran di kelasnya sendiri melalui tindakan-tindakan reflektif yang berkelanjutan. Secara teoritis, PTK berakar pada konsep reflective practice yang dikembangkan oleh Kurt Lewin yang menekankan pentingnya refleksi dalam meningkatkan praktik profesional. PTK dilakukan melalui empat tahap utama: perencanaan (planning), pelaksanaan (action), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Dalam konteks pendidikan, PTK bertujuan untuk mengidentifikasi masalah nyata yang terjadi di dalam kelas, merancang solusi yang bersifat tindakan nyata, dan mengevaluasi dampaknya terhadap proses serta hasil belajar siswa. Prinsip-prinsip PTK dilaksanakan dalam lingkungan alamiah kesadaran diri untuk perbaikan kinerja, penggunaan analisis SWOT, upaya empiris dan sistematik, mengikuti prinsip smart dalam perencanaan. Guru sebagai peneliti di kelasnya sendiri, sekaligus sebagai agen perubahan untuk peningkatan kualitas pembelajaran. PTK tidak hanya meningkatkan kompetensi siswa, tetapi juga profesionalisme guru dalam menerapkan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan inovatif.
Copyrights © 2025