Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam
Vol 6 No 1 (2025): Education and Islamic Studies

Implementasi Pembelajaran Berbasis Project dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa di SD BPPI Tjokroaminoto

Maria Ulfah (Unknown)
Issania Wahdah (Unknown)
Faris Iqbal Zahir (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2025

Abstract

Pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning/PBL) adalah sebuah metode yang menitikberatkan pada eksplorasi, penelitian, dan pembuatan proyek nyata sebagai sarana untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan PBL dalam meningkatkan kreativitas siswa di SD BPPI Tjokroaminoto. Metode yang diterapkan khususnya dalam Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), dengan berbagai proyek yang dirancang untuk mengasah keterampilan berpikir kritis, inovasi, kerja sama, dan kemandirian siswa. Strategi implementasi meliputi tahapan perencanaan proyek, pelaksanaan, dan evaluasi, yang semuanya berfokus pada pengembangan aspek kreativitas, kolaborasi, dan pemahaman materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PBL memiliki kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kreativitas siswa. Para siswa menjadi lebih aktif dalam proses belajar, mampu menghasilkan ide-ide inovatif, dan merasa lebih percaya diri saat bekerja sama dengan teman-teman mereka. Di sisi lain, metode ini juga mendorong para guru untuk lebih kreatif dalam merancang pengalaman belajar yang menarik dan relevan. Dampak penerapan PBL tidak hanya dirasakan oleh siswa dan guru, tetapi juga berpengaruh pada lingkungan sekolah secara keseluruhan, menjadikannya lebih dinamis dan inovatif. Kesimpulannya, pembelajaran berbasis proyek di SD BPPI Tjokroaminoto terbukti efektif dalam meningkatkan kreativitas siswa serta menciptakan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan aplikatif. Untuk memaksimalkan implementasi PBL, diperlukan dukungan dari berbagai pihak, termasuk sekolah, guru, orang tua, serta komunitas pendidikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

aujpsi

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam , 2809-7459 (ONLINE) dan 2745-7796 (PRINT) , merupakan jurnal OPEN ACCESS dan Peer-reviewed. Jurnal ini memiliki Focus and Scope dalam kaitannya dengan wacana-wacana keislaman dewasa ini serta menitikberatkan pada pembahasan Dinamika & Pergolakan ...