Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam
Vol 6 No 1 (2025): Education and Islamic Studies

Implementasi Pendidikan Karakter dalam Kurikulum Merdeka di SMPN 10 Jakarta

Feby Nabila Nuari (Unknown)
Maria Ulfah (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2025

Abstract

Latar Belakang Penelitian ini di lihat pada zaman era modern atau zaman era digital kita dapat mengetahui bagaimana tingkah laku anak sekarang,seperti kenakalan remaja,bullying dan kurangnya sopan santun baik di sekolah maupun diluar sekolah dan ini sangat memprihatinkan sekali, maka dari itu peneliti ingin mengetahui sampai sejauh mana pendidkan karakter di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Pendidikan karakter di SMP N 10 Jakarta pada kurikulum merdeka dan faktor faktor yang mempengaruhi keberhasilannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi Pendidikan karakter di smp telah dilakukan melalui berbagai kegiatan, seperti kegiatan ekstrakulikuler,kegiatan keagamaan dan kegiatan sosial serta aturan tata tertib di sekolah. Faktor faktor yang mempengaruhi keberhasilan implementasi Pendidikan karakter adalah komitmen sekolah, peran guru dan keterlibatan orang tua. Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi Pendidikan karakter di SMPN 10 Jakarta Pusat dapat meningkatkan karakter siswa dan mempersiapkan mereka manjadi warga negara yang baik dan memiliki moral yang santun baik di sekolah maupun di masyarakat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

aujpsi

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam , 2809-7459 (ONLINE) dan 2745-7796 (PRINT) , merupakan jurnal OPEN ACCESS dan Peer-reviewed. Jurnal ini memiliki Focus and Scope dalam kaitannya dengan wacana-wacana keislaman dewasa ini serta menitikberatkan pada pembahasan Dinamika & Pergolakan ...