Latar Belakang Penelitian ini di lihat pada zaman era modern atau zaman era digital kita dapat mengetahui bagaimana tingkah laku anak sekarang,seperti kenakalan remaja,bullying dan kurangnya sopan santun baik di sekolah maupun diluar sekolah dan ini sangat memprihatinkan sekali, maka dari itu peneliti ingin mengetahui sampai sejauh mana pendidkan karakter di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Pendidikan karakter di SMP N 10 Jakarta pada kurikulum merdeka dan faktor faktor yang mempengaruhi keberhasilannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi Pendidikan karakter di smp telah dilakukan melalui berbagai kegiatan, seperti kegiatan ekstrakulikuler,kegiatan keagamaan dan kegiatan sosial serta aturan tata tertib di sekolah. Faktor faktor yang mempengaruhi keberhasilan implementasi Pendidikan karakter adalah komitmen sekolah, peran guru dan keterlibatan orang tua. Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi Pendidikan karakter di SMPN 10 Jakarta Pusat dapat meningkatkan karakter siswa dan mempersiapkan mereka manjadi warga negara yang baik dan memiliki moral yang santun baik di sekolah maupun di masyarakat.
Copyrights © 2025