Pengelolaan sekolah Islam sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan dan menilai inovasi pengelolaan yang digunakan di MDT Riyadhul Jannah Bandung untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan meningkatkan kinerja administrasi lembaga. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif yang menggunakan observasi partisipatif, dokumentasi, dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MDT Riyadhul Jannah menerapkan berbagai inovasi pengelolaan. Ini termasuk menerapkan teknologi informasi dalam administrasi dan pembelajaran, memberikan pelatihan berkelanjutan untuk manajemen SDM, dan membuat program kurikulum yang didasarkan pada nilai dan karakter Islam. Inovasi ini meningkatkan kinerja lembaga, kepuasan siswa, dan keterlibatan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pengelolaan yang adaptif dan kontekstual menjadi kunci keberhasilan institusi pendidikan Islam dalam menghadapi dinamika tantangan zaman. Kesimpulan penelitian ini dapat digunakan oleh para pemimpin institusi pendidikan Islam lainnya untuk mengoptimalkan cara mereka mengelola organisasi mereka. Kata kunci: lembaga pendidikan Islam, MDT Riyadhul Jannah, inovasi pengelolaan, kualitas Pendidikan.
Copyrights © 2025