Transformasi digital merupakan suatu fenomena yang menjadi tren global selama dua dekade terakhir. Dan telah merasuki seluruh aspek kehidupan manusia bahkan sampai pada dunia pendidikan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui model pembinaan khuluqiyah di era transformasi digital saat ini. Penelitian ini menggunakam penelitian studi kasus dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Jumlah sampel yang digunakan yaitu 74 siswa MI Al-Azhar Bungadidi dan sumber data dari kepala madrasah, guru kelas dan orang tua siswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa model pembinaan khuluqiah dilakukan dengan uswah hasanah (keteladanan), Ta’widiyah (pembiasaan), mau’izhah (nasehat), Qishshah ( cerita), kolaborasi antara guru dan orang tua siswa dan pengadaan kegiatan ekstrakulikuler. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi saqofah bagi setiap tenaga pendidik terkhusus pada Madrasah Ibtidaiyah dan menjadi rujukan bagi penelitian selanjutnya.
Copyrights © 2025