IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 3 No. 3 (2025): 2025

Model dan Tahapan Penelitian Kuantitatif: Pendekatan Teoretis dan Praktis dalam Kajian Pendidikan

Dela Fahiran Pandiangan (Unknown)
Meyniar Albina (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2025

Abstract

Penelitian kuantitatif merupakan pendekatan ilmiah yang berkembang pesat dalam studi pendidikan dan ilmu sosial karena menawarkan keunggulan dalam hal objektivitas, pengukuran numerik, dan generalisasi hasil. Kajian ini disusun untuk mengulas secara teoritis mengenai konsep, karakteristik, model, tahapan, serta teknik pengumpulan data dalam penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan yang bersifat deskriptif-analitis dengan sumber data berupa buku, jurnal ilmiah, dan dokumen relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa model penelitian kuantitatif mencakup survei, eksperimen, korelasional, dan kausal-komparatif, masing-masing dengan keunggulan metodologis tersendiri. Tahapan penelitian yang sistematis dan penggunaan instrumen terstandar seperti angket dan observasi terstruktur menjadi ciri khas dari pendekatan ini. Implikasi dari kajian ini memberikan pemahaman konseptual yang utuh bagi mahasiswa, dosen, dan peneliti dalam menyusun desain penelitian kuantitatif yang valid, andal, dan dapat dijadikan rujukan akademik di bidang pendidikan

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ihsan

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Fokus dan Ruang Lingkup Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam menerima naskah asli yang tidak diterbitkan dalam bahasa Indonesia atau Inggris, berdasarkan penelitian dari metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, campuran, atau metodologi apa pun yang terkait dengan ...