PARAMUROBI
Vol 8 No 1 (2025): PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

INOVASI PEMBELAJARAN: GAME BASED LEARNING DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA N 1 SUNGAI PENUH

Damris, Rizani binti (Unknown)
Putra, Pristian Hadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan penerapan game-based learning (GBL) dalam pembelajaran PAI di SMAN 1 Sungai Penuh. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa GBL meningkatkan antusiasme siswa, keterlibatan dalam pembelajaran, dan kemampuan kognitif, serta mempererat hubungan antara guru dan siswa. Namun, kendala utama yang ditemukan adalah terbatasnya fasilitas seperti infokus, waktu yang terbatas, dan keterbatasan akses teknologi siswa. Selain itu, penilaian melalui GBL tidak dapat dijadikan sebagai penilaian utama, sehingga diperlukan penilaian lain. Penelitian ini memberikan wawasan terkait tantangan dan peluang penerapan GBL di SMAN 1 Sungai Penuh.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

paramurobi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Jurnal ini memuat artikel yang ditulis berdasarkan hasil penelitian lapangan dan pustaka. Penerbitan jurnal mencakup berbagai dimensi pendidikan, seperti kurikulum, pembelajaran, evaluasi, ...