Penelitian ini membahas optimalisasi desain media dan teknologi dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan pemahaman peserta didik. Fokus penelitian meliputi prinsip desain media yang efektif, integrasi teknologi dengan sumber belajar, serta kendala dan solusi dalam penerapannya. Menggunakan metode kajian pustaka dengan analisis deskriptif kualitatif, hasil menunjukkan bahwa prinsip kesesuaian tujuan pembelajaran, aksesibilitas, dan keterlibatan peserta didik mampu meningkatkan pemahaman secara signifikan. Kendala seperti keterbatasan infrastruktur dan minimnya pelatihan teknis dapat diatasi dengan pelatihan berkelanjutan dan pengembangan fasilitas pendidikan. Selain itu, integrasi teknologi juga mempermudah akses peserta didik terhadap berbagai sumber belajar yang relevan dan inovatif. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan platform digital interaktif dan pengembangan kurikulum berbasis teknologi sebagai langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Dengan demikian, implementasi media dan teknologi yang dirancang secara optimal dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih efektif, efisien, dan menyenangkan.Kata Kunci; Desain media; Teknologi pembelajaran; Bahasa Arab; Pemahaman peserta didik.This study discusses the optimization of media and technology design in Arabic language learning to enhance students' comprehension. The research focuses on effective media design principles, the integration of technology with learning resources, as well as challenges and solutions in its implementation. Using a literature review method with qualitative descriptive analysis, the results show that the principles of learning objectives alignment, accessibility, and student engagement can significantly improve comprehension. Challenges such as limited infrastructure and lack of technical training can be addressed through continuous training and the development of educational facilities. Moreover, technology integration also facilitates students' access to various relevant and innovative learning resources. This study recommends the use of interactive digital platforms and the development of technology-based curricula as strategic steps to improve the quality of learning. Thus, the optimal design and implementation of media and technology can create a more effective, efficient, and enjoyable learning experience.Keywords; Media design; Learning technology; Arabic language; Student comprehension.
Copyrights © 2025