AT-TAKLIM: Jurnal Pendidikan Multidisiplin
Vol. 2 No. 6 (2025): At-Taklim: Jurnal Pendidikan Multidisiplin (Edisi Juni)

MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA MELALUI METODE PERMAINAN RANGKAIAN KATA DI SMP NEGERI 8 DUSUN SELATAN

Oktabiadaniaty (Unknown)
Maman Suryaman (Unknown)
Esti Swatika Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat membaca siswa melalui penerapan metode permainan rangkaian kata di SMP Negeri 8 Dusun Selatan. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat membaca siswa yang berdampak pada pemahaman bacaan dan prestasi akademik. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pretest-posttest satu kelompok. Subjek penelitian sebanyak 24 siswa kelas VIII. Instrumen yang digunakan berupa angket minat membaca dan observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada minat membaca siswa setelah diterapkan metode permainan rangkaian kata. Hal ini dibuktikan dari skor rata-rata angket minat membaca yang meningkat dari sebelum ke sesudah perlakuan. Selain itu, siswa menunjukkan sikap lebih antusias dan partisipatif dalam kegiatan membaca. Dapat disimpulkan bahwa metode permainan rangkaian kata efektif dalam meningkatkan minat membaca siswa dan dapat dijadikan sebagai alternatif strategi pembelajaran berbasis literasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

at-taklim

Publisher

Subject

Other

Description

AT-TAKLIM: Jurnal Pendidikan Multidisiplin adalah jurnal ilmiah yang didedikasikan untuk mempublikasikan penelitian dan kajian akademis di bidang pendidikan dengan pendekatan multidisiplin. Jurnal ini memuat artikel-artikel penelitian, ulasan pustaka, dan kontribusi ilmiah lainnya yang meliputi ...