JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner)
Vol 8 No 2 (2024): JPPI Volume 8 Nomor 2 Desember 2024

Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas Pada Pembelajaran PPKn Di SDN 004 Lumbatu

Dermawan, Dermawan (Unknown)
Latief, Abdul (Unknown)
Elisabet, Elisabet (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SDN 004 Lumbatu dengan Tujuan Penelitian adalah adalah Untuk mengetahui Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas Pada Pembelajaran PPKN Di SDN 004 Lumbatu. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskripsi, yaitu dengan menggambarkan keadaan dan memecahkan masalah yang sedang berlangsung. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, wali kelas sebagai guru kelas dan siswa. Peneliti akan mendapatkan data beranekaragam yang berasal dari berbagai macam sumber, yaitu: observasi, wawancara ataupun dokumen. Agar hasil penelitian sesuai yang diharapkan dan cocok dengan pendekatan kualitatif, maka teknik analisis data yang digunakan adalah pendekatan induktif artinya pemecahan masalah didasarkan atas berfikir empiris melalui data dan fakta yang diperoleh di lapangan. Hal ini terlihat dari usaha guru dalam mengatur kegiatan belajar dan mengajar, sehingga terwujud suasana yang efektif dan menyenangkan serta memotivasi siswa untuk belajar dengan baik. (1) Faktor yang menghambat guru dalam pengelolaan kelas pada pembelajaran PPKn adalah masalah siswa dan fasilitas.. (2) Cara mengatasi masalah tersebut adalah guru memberikan penjelasan dan kesadaran pada siswa tentang hak, kewajiban dan keharusan menghormati orang lain yaitu teman sekelasnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner (JPPI) published by IAI DDI Polewali Mandar, jornals are published twice a year in Juni dan Desember. This journal Contains articles of thought and research results in Islamic education disciplines. This journal warmly welcomes contributions from ...