Penelitian ini dilakukan di SDN 004 Lumbatu dengan Tujuan Penelitian adalah adalah Untuk mengetahui Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas Pada Pembelajaran PPKN Di SDN 004 Lumbatu. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskripsi, yaitu dengan menggambarkan keadaan dan memecahkan masalah yang sedang berlangsung. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, wali kelas sebagai guru kelas dan siswa. Peneliti akan mendapatkan data beranekaragam yang berasal dari berbagai macam sumber, yaitu: observasi, wawancara ataupun dokumen. Agar hasil penelitian sesuai yang diharapkan dan cocok dengan pendekatan kualitatif, maka teknik analisis data yang digunakan adalah pendekatan induktif artinya pemecahan masalah didasarkan atas berfikir empiris melalui data dan fakta yang diperoleh di lapangan. Hal ini terlihat dari usaha guru dalam mengatur kegiatan belajar dan mengajar, sehingga terwujud suasana yang efektif dan menyenangkan serta memotivasi siswa untuk belajar dengan baik. (1) Faktor yang menghambat guru dalam pengelolaan kelas pada pembelajaran PPKn adalah masalah siswa dan fasilitas.. (2) Cara mengatasi masalah tersebut adalah guru memberikan penjelasan dan kesadaran pada siswa tentang hak, kewajiban dan keharusan menghormati orang lain yaitu teman sekelasnya.
Copyrights © 2024