Toleransi merupakan sikap saling menerima segala bentuk perbedaan dan keberagaman. Salah satu bentuk toleransi beragama adalah dengan menerapkan sikap saling menghargai dan menghormati keyakinan yang dianut oleh orang lain. Artinya, perbedaan yang ada di lingkungan sekitar tidak dijadikan alasan untuk memusuhi orang lain tetapi mampu hidup berdampingan di tengah-tengah perbedaan tersebut. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang dilakukan oleh guru dalam menanamkan sikap toleransi pada siswa sekolah dasar, khususnya siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis naratif dan mengumpulkan data dari guru dan siswa di SDN Sukosari. Untuk mengumpulkan data, digunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, digunakan teknik pengumpulan, reduksi, transmisi, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa strategi guru dalam menanamkan sikap toleransi pada siswa yaitu: Guru memberikan nasihat atau motivasi kepada siswa. Guru memberikan contoh atau teladan kepada siswa. Kegiatan pembelajaran secara berkelompok. Melalui kegiatan pembiasaan, dan dengan menerapkan pendekatan pembelajaran yang menekankan pada kerja sama antar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi metode tersebut efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2025