Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam sikap peduli siswa terhadap lingkungan sekolah. Sikap peduli ini ditinjau berdasarkan lima indikator utama, yaitu: selalu menjaga lingkungan sekitar, menciptakan kerapian dan kebersihan, bijak dalam penggunaan sumber daya alam (SDA) di lingkungan sekolah, mendukung penghijauan, dan partisipasi dalam kegiatan lingkungan berbasis partisipatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner yang disebarkan kepada siswa di lingkungan sekolah yang menjadi fokus penelitian. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif untuk mengetahui tingkat sikap peduli siswa pada setiap indikator. Temuan penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, sikap peduli siswa terhadap lingkungan sekolah berada pada kategori sangat peduli. Secara rinci, indikator selalu menjaga lingkungan sekitar memperoleh nilai rata-rata sebesar 88,68% (sangat peduli), indikator menciptakan kerapian dan kebersihan serta bijak dalam penggunaan SDA di lingkungan sekolah mendapatkan nilai 89,2% (sangat peduli), indikator mendukung penghijauan mencatatkan skor 88,1%, dan indikator kegiatan lingkungan berbasis partisipatif menunjukkan nilai tertinggi sebesar 91,15%. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa siswa memiliki kesadaran dan keterlibatan yang tinggi dalam menjaga dan melestarikan lingkungan sekolah. Implikasi dari penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar pengembangan program-program pendidikan lingkungan yang lebih efektif dan berkelanjutan di sekolah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025