MURHUM : JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Vol. 6 No. 1 (2025): Juli

Pengaruh Model Game Based Learning Berbantuan Wordwall terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar

Try Mulia, Indah (Unknown)
Latif, Latif (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model game-based learning berbantuan wordwall terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 21 Pekanbaru. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen semu, yaitu Quasi Experimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Sampel terdiri dari 25 siswa sebagai kelompok kontrol dan 25 siswa sebagai kelompok eksperimen. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan dianalisis menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,046 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa model game-based learning berbantuan Wordwall berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar siswa. Oleh karena itu, model ini dapat dijadikan sebagai alternatif strategi pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di tingkat  sekolah dasar. Penelitian ini telah menunjukkan bahwa model Game-Based Learning berbantuan Wordwall memiliki potensi positif dalam meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar. Namun, ada beberapa aspek yang belum terjamah dan dapat menjadi fokus bagi penelitian selanjutnya untuk memberikan pemahaman yang lebih komprehensif dan mendalam.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

murhum

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Nama Jurnal : Murhum : jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Website : https://murhum.ppjpaud.org/index.php/murhum Publisher : PPJ PAUD Koordinator Sulawesi Terbit : 2 issues per Tahun Juli dan Desember Murhum : jurnal Pendidikan Anak Usia Dini merupakan jurnal yang menerbitkan artikel Hasil penelitian ...