Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana guru menangani siswa yang mengalami kesulitan membaca dan menulis. Metodologi penelitian adalah studi lapangan, di mana data dikumpulkan melalui observasi. Data penelitian berasal dari guru dan siswa yang mengalami kesulitan membaca dan menulis. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif yang mengkaji pengumpulan data secara langsung pada kelas II. Subyek dalam penelitian ini adalah guru kelas II, siswa dan kepala sekolah SDN 004 Sungai Pagar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan berbagai upaya untuk mengatsi kesulitan membaca dan menulis. Salah satunya adalah mereka memberikan perhatian lebih kepada siswa yang masih mengalami kesulitan dalam membaca dan menulis, membantu mereka menulis huruf dengan benar, dan memberikan waktu ekstra sebelum kelas dimulai, dan memberikan mtoivasi kepada siswa. Selain itu, ada komponen internal dan eksternal yang berpengaruh. Faktor eksternal, yaitu pengaruh lingkungan bermain, yang terdiri dari teman-temannya, dan faktor internal, yaitu lingkungan keluarga yang kurang mendorong siswa untuk berlatih belajar membaca, menyebabkan kemampuan membaca siswa masih rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bermanfaat karena memberikan contoh tindakan yang dapat dilakukan guru, khususnya guru yang menghadapi siswa dengan kondisi yang serupa, yaitu siswa yang masih mengalami kesulitan membaca dan menulis.
Copyrights © 2025