Penelitian ini mengidentifikasi faktor-faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di SD Negeri 167 Pekanbaru. Rendahnya motivasi ini berdampak negatif pada hasil belajar dan keterlibatan siswa. Faktor internal yang berkontribusi meliputi kurangnya minat belajar, sikap, dan kondisi fisik siswa. Sementara itu, faktor eksternal mencakup lingkungan keluarga, interaksi sosial, serta metode dan media pembelajaran yang kurang variatif dan optimal. Penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data, melibatkan siswa, guru, dan lingkungan sekolah. Analisis data dilakukan melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rendahnya motivasi belajar siswa disebabkan oleh kombinasi faktor internal dan eksternal. Secara ilmiah, penelitian ini memperkaya pemahaman tentang dinamika motivasi belajar di jenjang sekolah dasar. Secara praktis, temuan ini berkontribusi dalam perancangan strategi pembelajaran yang lebih inovatif dan kolaboratif antara guru, siswa, dan pihak sekolah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar.
Copyrights © 2025