Penelitian ini bertujuan menilai pengembangan aplikasi Brain Pop berbasis digital yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada anak usia dini serta dampaknya terhadap proses pembelajaran mereka. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian terdiri dari 15 anak berusia 4 hingga 5 tahun yang bersekolah di salah satu taman kanak-kanak di Thailand. Intervensi dilakukan dalam enam hari, meliputi pretest selama satu hari, treatment selama empat hari, dan posttest selama satu hari. Hasil menunjukkan aplikasi Brain Pop efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis, yang terlihat dari peningkatan skor pada indikator analisis, inferensi, interpretasi, serta self-regulation. Validasi dilakukan oleh para ahli materi dan media, yang menyatakan aplikasi ini layak digunakan. Selain itu, uji coba terbatas oleh guru dan peserta didik menunjukkan aplikasi ini praktis dan mudah diimplementasikan dalam pembelajaran. Penelitian ini merekomendasikan aplikasi Brain Pop sebagai media digital untuk mendukung perkembangan kecerdasan kritis anak usia dini. Penggunaan aplikasi ini menciptakan suasana belajar yang interaktif, menyenangkan, serta memotivasi peserta didik untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis secara optimal.
Copyrights © 2025