Implementasi supervisi model ilmiah berbasis teknologi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengajaran secara keseluruhan dan berdampak positif pada prestasi siswa di KB Al Hikmah. Transformasi supervisi dengan teknologi digital dapat secara signifikan meningkatkan kompetensi guru, di mana proses supervisi menjadi lebih terstruktur. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi model supervisi ilmiah berbasis Google Form oleh kepala sekolah di KB Al Hikmah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan profesionalisme guru PAUD. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan Google Form membuat supervisi lebih terstruktur, transparan, dan berbasis data, sehingga mempermudah proses pra-supervisi, pelaksanaan, hingga tindak lanjut serta pemberian umpan balik konstruktif. Kesimpulan penelitian ini menegaskan pentingnya integrasi teknologi digital dalam supervisi pendidikan. Secara teoritik, penelitian ini memperkuat konsep supervisi berbasis data dalam pendidikan anak usia dini. Secara praktis, hasil penelitian memberikan acuan bagi lembaga PAUD dalam mengoptimalkan supervisi melalui pemanfaatan teknologi untuk mendukung pengembangan profesionalisme guru dan peningkatan mutu pembelajaran.
Copyrights © 2025