Cokroaminoto Journal of Primary Education
Vol. 8 No. 1 (2025): Januari - Maret 2025

Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Modul Ajar Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi pada Siswa IV UPT SDN 14 Pinrang

Yuspi, Yuspi (Unknown)
Nadar, Nadar (Unknown)
Saleha, Saleha (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2025

Abstract

Urgensi dalam penelitian ini terletak pada pentingnya mengatasi tantangan keberagaman kemampuan dan kebutuhan belajar siswa di kelas, yang sering menghambat pencapaian hasil belajar yang optimal. Oleh karena itu, penerapan modul ajar berbasis pembelajaran berdiferensiasi sangat penting untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih inklusif dan efektif bagi setiap siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan modul ajar berbasis pembelajaran berdiferensiasi di kelas IV UPT SDN 14 Pinrang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi pada setiap siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV UPT SDN 14 Pinrang, dengan data yang dikumpulkan melalui tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif, dengan membandingkan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan modul ajar berbasis pembelajaran berdiferensiasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan modul ajar berbasis pembelajaran berdiferensiasi berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan ini tercermin dari hasil tes formatif yang menunjukkan kenaikan rata-rata hasil belajar siswa dari pra-siklus ke siklus I, serta peningkatan lebih lanjut pada siklus II. Selain itu, siswa juga menunjukkan keterlibatan yang lebih aktif dalam proses pembelajaran dan peningkatan motivasi belajar mereka. Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa penggunaan modul ajar berbasis pembelajaran berdiferensiasi merupakan strategi efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, diharapkan pendekatan ini dapat diterapkan lebih luas dalam pembelajaran di sekolah dasar untuk mengakomodasi kebutuhan belajar siswa yang beragam.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cjpe

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

The focus of this journal is primary education, which covers related aspects such as students, teachers, teaching materials, evaluation and assessment, curriculum, and lesson ...