Cokroaminoto Journal of Primary Education
Vol. 8 No. 1 (2025): Januari - Maret 2025

Penerapan Pembelajaran Deep Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas VI UPT SD 79 Gura

Rasma, Rasma (Unknown)
Khalid, Muh. Idham (Unknown)
Saleha, Saleha (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas VI UPT SD 79 Gura melalui penerapan pembelajaran berbasis Deep Learning, mengingat pentingnya penguasaan numerasi yang mendalam dalam pendidikan dasar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan mengacu pada model Kemmis & McTaggart, yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 25 siswa kelas VI. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes evaluasi, observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Pelaksanaan siklus pertama, pembelajaran difokuskan pada pemahaman pola bilangan dan operasi hitung dalam kehidupan sehari-hari. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa adalah 67,2, dengan nilai tertinggi 85 dan nilai terendah 50. Jumlah 25 siswa, sebanyak 14 siswa (56%) mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sementara 11 siswa (44%) belum tuntas. Refleksi siklus pertama menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang kesulitan memahami konsep numerasi secara mendalam. Pada siklus kedua, pembelajaran diperbaiki dengan penerapan media interaktif, diskusi kelompok kecil, dan simulasi digital. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan yang baik, dengan rata-rata nilai mencapai 78,6, nilai tertinggi 92, dan nilai terendah 60. Jumlah siswa yang mencapai ketuntasan meningkat menjadi 20 siswa (80%), sementara 5 siswa (20%) masih belum tuntas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis Deep Learning efektif dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa, tidak hanya dalam hasil belajar, tetapi juga dalam meningkatkan keterlibatan siswa dalam diskusi dan pemahaman konsep numerasi yang lebih aplikatif. Pembelajaran berbasis Deep Learning dapat direkomendasikan sebagai strategi inovatif dalam pembelajaran numerasi di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cjpe

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

The focus of this journal is primary education, which covers related aspects such as students, teachers, teaching materials, evaluation and assessment, curriculum, and lesson ...