Cokroaminoto Journal of Primary Education
Vol. 8 No. 2 (2025): April - Juni 2025

Penerapan Model Pembelajaran Tipe STAD Berbantuan Live Worksheet untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas III SD 182 Angin-angin

Isra, Isra (Unknown)
Ismail, Ismail (Unknown)
Rahmat, Rahmat (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa kelas III, yang terlihat dari kurangnya kemampuan menganalisis, mengevaluasi informasi, dan mengemukakan alasan logis dalam proses pembelajaran, sehingga diperlukan penerapan model pembelajaran yang mampu mendorong keterlibatan aktif dan pemikiran mendalam, seperti STAD berbantuan Live Worksheet. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas III SDN Angin-Angin melalui penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan Live Worksheet. Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek penelitian sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dari prasiklus dengan rata-rata 62,4 (kategori kurang) menjadi 72,8 (kategori cukup) pada siklus I dan 85,3 (kategori baik) pada siklus II. Aktivitas pembelajaran siswa meningkat dari 68% (kategori cukup) pada siklus I menjadi 87% (kategori sangat baik) pada siklus II. Kinerja guru dalam menerapkan model STAD berbantuan Live Worksheet juga mengalami peningkatan dari 75% (kategori cukup) pada siklus I menjadi 92% (kategori sangat baik) pada siklus II. Kesimpulannya bahwa penerapan model STAD berbantuan Live Worksheet efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas III SDN Angin-Angin.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cjpe

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

The focus of this journal is primary education, which covers related aspects such as students, teachers, teaching materials, evaluation and assessment, curriculum, and lesson ...