Cokroaminoto Journal of Primary Education
Vol. 8 No. 2 (2025): April - Juni 2025

Implementasi Media Edukasi Berbasis Aplikasi Solite Kids untuk Meningkatkan Keterampilan Critical Thinking Anak Usia Dini

Faikoturrohma, Elok (Unknown)
Pradana, Pascalian Hadi (Unknown)
Suwargono, Trio (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis pada anak usia dini di TK As-Shobier, yang disebabkan oleh kurangnya variasi media pembelajaran dan dominasi metode konvensional dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis anak usia 5–6 tahun melalui pemanfaatan aplikasi edukatif Solite Kids sebagai media pembelajaran berbasis teknologi. Pendekatan yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart, yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, keterampilan berpikir kritis anak belum berkembang secara optimal, dengan hanya satu anak mencapai kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus II, terjadi peningkatan, di mana tujuh dari delapan anak mencapai kategori BSB, dengan persentase keberhasilan antara 75% hingga 100%. Dengan demikian, penggunaan aplikasi Solite Kids terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis anak usia dini serta menciptakan suasana belajar yang lebih aktif dan menyenangkan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cjpe

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

The focus of this journal is primary education, which covers related aspects such as students, teachers, teaching materials, evaluation and assessment, curriculum, and lesson ...