Urgensi penelitian ini terletak pada perlunya media pembelajaran yang inovatif, menyenangkan, dan sesuai dengan tahap perkembangan peserta didik awal untuk mengatasi rendahnya kemampuan membaca dan menulis permulaan di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan media pembelajaran Kartu SUMBA (Suku Kata, Membaca, dan Menulis) dalam meningkatkan kecerdasan verbal-linguistik peserta didik kelas I Sekolah Dasar. Media ini dirancang sebagai inovasi pembelajaran berbasis kartu fisik dan web interaktif, yang disesuaikan dengan karakteristik perkembangan dan kebutuhan belajar peserta didik usia dini. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahapan, yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian utama adalah peserta didik kelas I SD Negeri Jarakan, sedangkan uji coba awal dilakukan di SD Negeri Kadipiro untuk melihat keterpahaman dan respons awal pengguna. Hasil validasi dari ahli media dan materi menyatakan bahwa Kartu SUMBA sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Implementasi media ini menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan membaca permulaan, menulis kata dan kalimat sederhana, serta penguasaan suku kata pada peserta didik. Hal ini berdampak langsung terhadap peningkatan kecerdasan verbal-linguistik. Dengan demikian, media Kartu SUMBA dapat dijadikan alternatif inovatif dan efektif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas awal sekolah dasar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025