Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial
Vol. 4 No. 2 (2025): Juli

Peningkatan Kreativitas Siswa Kelas XI MPLB SMK PGRI PEKANBARU Pada Mata Pelajaran PKK (Projek, Kreatif Dan Kewirausahaan) Melalui Model Project Based Learning

Gani Haryana (Unknown)
Iswandi (Unknown)
Mariana Tarihoran (Unknown)
Renny Marina Aritonang (Unknown)
Nadia Susanti (Unknown)
Titin Rahayu (Unknown)
Anjeli (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas peserta didik pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) melalui penerapan model Project Based Learning (PjBL) di kelas XI MPLB SMK PGRI Pekanbaru pada tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada tingkat kreativitas peserta didik, yaitu dari 71,62% pada siklus pertama menjadi 84,4% pada siklus kedua, dengan selisih peningkatan sebesar 19,67%. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan model Project Based Learning efektif dalam mendorong pengembangan kreativitas siswa dalam pembelajaran kewirausahaan berbasis proyek. Dengan demikian, model PjBL dapat dijadikan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang relevan dan kontekstual dalam mendukung capaian kompetensi pada mata pelajaran PKK di tingkat pendidikan kejuruan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jipsi

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

he focus of this JIPSI journal is based on the results of educational research that contributes to the understanding, improvement, development of scientific theories and concepts and their application to education in Indonesia. The scope of education includes educational administration, guidance, ...