Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial
Vol. 4 No. 2 (2025): Juli

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Projek IPAS Pada Materi Permintaan Dan Penawaran Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Pendekatan Kse Pada Siswa Kelas X Akuntansi 1 SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru

Savira Fauziah (Unknown)
Ayu Sentani (Unknown)
Irma Juwita (Unknown)
Muvidellatul Husni (Unknown)
Putri Ramayana (Unknown)
Siska Anggreni (Unknown)
Lena Candra (Unknown)
Yulia Novita (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 May 2025

Abstract

Pembelajaran Projek Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bertujuan membekali siswa dengan kemampuan memecahkan masalah nyata yang berkaitan dengan fenomena alam dan sosial di sekitarnya secara ilmiah. Berdasarkan hasil observasi awal di kelas X Akuntansi 1 SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru, ditemukan bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep dasar permintaan dan penawaran. Kesulitan ini disebabkan oleh rendahnya partisipasi siswa selama proses pembelajaran serta penerapan pendekatan pembelajaran konvensional yang belum mendorong keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan partisipasi siswa melalui penerapan model Problem-Based Learning (PBL) dengan pendekatan Kompetensi Sosial Emosional (KSE) dalam pembelajaran Projek IPAS. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa pada materi permintaan dan penawaran, yang ditunjukkan melalui peningkatan nilai rata-rata, persentase ketuntasan belajar, serta keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Temuan ini mengindikasikan bahwa integrasi model PBL dengan pendekatan KSE dapat menjadi strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kompetensi akademik dan sosial emosional siswa SMK.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jipsi

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

he focus of this JIPSI journal is based on the results of educational research that contributes to the understanding, improvement, development of scientific theories and concepts and their application to education in Indonesia. The scope of education includes educational administration, guidance, ...