Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Perbankan Syariah
Vol 5 No 3 (2025): Juni 2025

Analisis Penggunaan Mobile Banking Pada Generasi Z Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM)

Tyas, Dwi Ana Kusumaning (Unknown)
Trihudiyatmanto, M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2025

Abstract

Tujuan - Penelitian ini dilakukan guna mengidentifikasi penggunaan mobile banking pada kalangan generasi Z di Kabupaten Wonosobo dengan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Metode – Penelitian ini disusun berdasarkan kerangka kuantitatif bersumber pada populasi sebanyak 137.182 jiwa dari kalangan Generasi Z di Kabupaten Wonosobo. Rumus Slovin diterapkan pada penentuan ukuran sampel, yang menghasilkan total 398 responden melalui penyebaran kuesioner secara daring. Analisis data dilakukan melalui metode regresi linear berganda. Hasil - Hasil analisis dalam penelitian ini menegaskan bahwa variabel dari Technology Acceptance Model (TAM) meliputi persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan, pengaruh sosial, pengalaman dan kepercayaan berpengaruh positif terhadap penggunaan mobile banking. Implikasi - Sebagai bahan pertimbangan dan acuan yang dapat diterapkan oleh perusahaan atau penyedia layanan perbankan dalam mengembangkan fitur serta merancang kampanye pemasaran yang selaras dengan karakteristik dan kebutuhan generasi Z yang adaptif terhadap teknologi digital Orisinalitas - Penelitian ini memberikan kontribusi baru dengan penggunaan teori Technology Acceptance Model (TAM) dan perkembangannya yaitu TAM 2, TAM 3, TAM 4 dalam rangka meningkatkan penggunaan mobile banking pada generasi Z di Kabupaten Wonosobo.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jamasy

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL AKUNTANSI, MANAJEMEN DAN PERBANKAN SYARIAH diterbitkan sejak 1 Desember 2021 oleh Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Fakultas (UP2MF) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo. Terbit enam kali setahun pada bulan Februari, April, Juni, ...