Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pelaksanaan mata pelajaran Qur'an Hadits di madrasah ibtidaiyah dengan fokus pada tiga tahapan utama, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, serta kendala-kendala yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadits di MIN 5 Aceh Besar pada setiap tingkatan kelas. Pertama, perencanaan pembelajaran di kelas 2 belum dilaksanakan dengan baik karena kurangnya pemahaman guru terhadap Kurikulum Merdeka, sementara di kelas 4 model perencanaan telah dilakukan dengan lebih baik. Kedua, pelaksanaan pembelajaran di kedua kelash mengacu pada RPP yang disusun pada awal semester, namun kualitas perencanaan berbeda secara signifikan tergantung pada pemahaman guru terhadap kurikulum. Ketiga, evaluasi pembelajaran telah dilakukan, namun tidak semuanya sesuai dengan ketentuan Kurikulum merdeka, sebagian besar disebabkan oleh kurangnya pemahaman tentang kurikulum tersebut
Copyrights © 2025