Keterampilan membaca merupakan fondasi utama dalam pendidikan dasar, terutama untuk siswa di tingkat Sekolah Dasar (SD). Membaca bukan hanya kegiatan mengenal huruf dan kata, tetapi juga proses memahami informasi dan pesan dari teks yang dibaca. Kegiatan bimbingan belajar yang dilakukan oleh Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Bengkulu ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 3 di SDN 03 Penarik melalui penggunaan media visual dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan adalah bimbingan belajar dengan media gambar dan huruf dari styrofoam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan ini efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa. Keterlibatan aktif siswa dalam mencocokkan huruf dan gambar membuat pembelajaran lebih interaktif dan menyenangkan, serta membantu mereka memahami hubungan antara teks dan visual dengan lebih baik. Dengan demikian, penggunaan media visual dalam pembelajaran dapat menjadi alternatif metode untuk meningkatkan keterampilan membaca di sekolah dasar.
Copyrights © 2025