Artikel ini membahas kegiatan sosialisasi yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa indonesia yang baik dan benar pada siswa di SDN 41 Kabupaten Kaur melalui pengajaran Bahasa Indonesia. Dalam menghadapi tantangan seperti kurangnya kepercayaan diri siswa dan minimnya fasilitas, kegiatan ini menerapkan metode pembelajaran interaktif, termasuk diskusi kelompok dan permainan peran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode ini berhasil meningkatkan kepercayaan diri siswa, memperluas kosakata, dan kemampuan berbicara di depan umum. Peran aktif guru dalam memberikan umpan balik konstruktif dan menciptakan lingkungan belajar yang positif terbukti efektif dalam mendukung proses pembelajaran. Keterlibatan orang tua juga diakui sebagai faktor penting dalam mendukung perkembangan keterampilan berbicara siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa dengan pendekatan yang tepat, keterampilan komunikasi siswa dapat ditingkatkan secara signifikan, mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan di era globalisasi.
Copyrights © 2025