Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam
Vol. 7 No. 2 (2025): in Press

IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN INQUIRI BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PAI DI SDN 1 KARANGANYAR JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN

Septiyadi, Panca (Unknown)
Septia Nugroho , Anggi (Unknown)
Eka Putra, Arizal (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2025

Abstract

Metode pembelajaran yang efektif dan efisien tercapai melalui pemilihan cara yang tepat. Inquiry Based Learning (IBL) adalah pendekatan pembelajaran yang mengandalkan penggunaan video sebagai sarana untuk belajar secara mandiri. Tujuan utama dari penggunaan metode ini adalah untuk mengatasi permasalahan dalam proses pembelajaran sebelumnya dengan mengimplementasikan IBL. Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan data utama yang diperoleh dari guru Pendidikan Agama Islam, sementara data sekunder diperoleh dari jurnal dan buku. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dengan guru, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 1 Karanganyar dengan 23 siswa. Metode ini melibatkan enam langkah, yaitu orientasi atau pembukaan, perumusan masalah, formulasi hipotesis, pengumpulan data, menonton video pembelajaran, dan menarik kesimpulan. Hasil pembelajaran menggunakan metode IBL menunjukkan bahwa semua siswa di kelas IV SDN 1 Karanganyar memperoleh nilai di atas 75, dengan rata-rata nilai mencapai 83. Setelah menerapkan metode ini, tingkat keaktifan siswa di kelas meningkat secara signifikan. Siswa menjadi lebih kritis, kreatif, dan aktif dalam diskusi, baik secara individu maupun kelompok. Mereka juga menunjukkan peningkatan semangat dan rasa percaya diri dalam mengikuti pembelajaran, yang tercermin dalam pencapaian nilai yang melebihi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) pada mata pelajaran PAI.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ilmuna

Publisher

Subject

Religion Social Sciences Other

Description

lmuna adalah Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Agama Islam, STIT al Urwatul Wutsqo Bulurejo Jombang, yang fokus membahas tentang: Studi kebijakan pendidikan keagamaan, Kajian pemikiran pendidikan (studi tokoh), Penerapan teori-teori Pendidikan Agama Islam, ...