Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA)
Vol. 7 No. 1 (2025): Vol. 7 No 1 April 2025

Pendampingan Kegiatan Fun English Bagi Siswa Kelas V Dengan Permainan Guessing Games

Nurdin, Hidayanti Rohimah (Unknown)
Nurlaila (Unknown)
Fitri Rahma Handayani (Unknown)
Intan Nisa Azhar (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 May 2025

Abstract

Fun English adalah salah satu pendekatan pembelajaran Bahasa Inggris yang mengutamakan kegiatan yang menyenangkan, interaktif, dan kreatif untuk meningkatkan minat dan kemampuan siswa dalam berbahasa Inggris. Metode ini cocok untuk anak-anak, terutama di tingkat sekolah dasar, karena mereka belajar lebih efektif melalui permainan dan aktivitas yang melibatkan emosi positif. Fun English dengan menggunakan teknik Guessing Games ini diharapkan dapat menumbuhkan minat dan motivasi belajar bahasa Inggris siswa dalam meningkatkan kemampuan berbicara, mendengar, membaca, menulis dan juga meningkatkan hafalan kosakata Bahasa Inggris untuk membantu siswa merasa nyaman dan percaya diri saat menggunakan bahasa Inggris. Rangkaian kegiatan pendampingan kelas ini dimulai dengan memberikan Ice breaking dan pengenalan kosakata, Permainan “Who Am I?”, “Guess the Object”, dan “20 Questions” dan kemudian dilanjutkan dengan Evaluasi ringan berbentuk kuis atau refleksi. PKM ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 3 Padangsidimpuan pada siswa kelas V. Pencapaian hasil PKM ini adalah peningkatan kepercayaan diri siswa untuk menggunakan kosakata bahasa inggris, siswa lebih mudah memahami materi yang diperoleh, memahami penggunaan kata dalam konteks permainan guessing word dan juga meningkatkan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan sehingga tujuan pembelajaran Bahasa Inggris dapat tercapai dengan baik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jamunar

Publisher

Subject

Humanities Education Health Professions Public Health

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA) menyediakan media bagi mereka yang ingin mempublikasikan artikel ilmiahnya dari hasil pengabdian masyarakat atau inovasi di bidang Kesehatan, Pendidikan, ...