Manajemen peserta didik dalam lembaga pendidikan Buddhis berperan penting dalam membentuk karakter holistik peserta didik melalui integrasi nilai-nilai moralitas (sīla), konsentrasi (samādhi), dan kebijaksanaan (paññā) dalam lingkungan belajar yang harmonis dan bermakna. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan mengumpulkan, mengolah, dan menyimpulkan data dari berbagai sumber yang relevan guna menemukan jawaban atas permasalahan yang dikaji. Penelitian ini mengkaji manajemen peserta didik berbasis nilai-nilai Buddhis dalam mewujudkan pendidikan holistik yang menekankan pengembangan akademik, moral, dan spiritual secara seimbang. Hasil menunjukkan bahwa pendekatan ini mencakup kepemimpinan spiritual, pembelajaran interaktif, serta keterlibatan guru, siswa, dan orang tua dalam membangun budaya sekolah yang harmonis. Nilai-nilai Buddhis seperti etika, konsentrasi, dan kebijaksanaan menjadi dasar pembentukan karakter dan pengalaman belajar yang bermakna.
Copyrights © 2025