ALLIRI: Journal of Anthropology
Vol 7, No 1 (2025): Volume 7 No.1 Juni 2025

PANDANGAN GURU TENTANG IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMA NEGERI 13 MAKASSAR

Anindya Pratiwi,, Anisya (Unknown)
Ario Sumili, Dimas (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2025

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan guru terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 13 Makassar.  Jenis penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif.  Informan terdiri siswa kelas XI sebanyak 10 orang terdiri 3 orang guru yang ditentukan dengan Teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Pandangan guru tentang implementasi kurikulum merdeka di SMA Negeri 13 Makassar yaitu: a) Merupakan tantangan bagi guru, b) Banyaknya kegiatan proyek, c) Persiapan modul pembelajaran.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JSB

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

ALLIRI: Journal of Anthropology providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about the results of ethnographic/qualitative research on certain topics and is related to ethnic/social groups in Southeast Asia, particularly in Indonesia; This ...