Penelitian ini berfokus pada upaya untuk mengkaji sampai sejauh mana layanan bimbingan klasikal mampu meningkatkan seberapa jauh pemahaman siswa terhadap perilaku bullying pada siswa di SMA Negeri 2 Indralaya Utara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan desain pra-eksperimental berupa one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian terdiri dari 20 orang siswa yang dipilih secara acak sederhana (simple random sampling). Data dikumpulkan melalui instrumen berupa skala pemahaman mengenai bullying, dan kemudian dianalisis dengan metode statistik deskriptif dan inferensial. Temuan menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata siswa dari 116,10 pada saat pretest menjadi 132,95 pada saat posttest. Berdasarkan hasil uji statistik paired sample t-test, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berada di bawah batas signifikansi 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pemahaman siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan klasikal memberikan dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan pengetahuan dan kesadaran siswa terkait bullying di lingkungan SMA Negeri 2 Indralaya Utara.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025