Abstrak — Pengenalan produk inovatif seperti SmartMannequin dan Automation Weapon Rack membutuhkanpendekatan yang interaktif dan efektif untuk menjangkauberbagai kalangan. Penelitian ini bertujuan untuk merancangprototipe desain UI/UX aplikasi berbasis Virtual Reality (VR)yang mampu menghadirkan pengalaman simulasi realistisdalam mengenalkan kedua produk tersebut. Desain dirancangmenggunakan perangkat lunak Figma, dengan mengutamakanprinsip interaktivitas, user-friendliness, dan pengalamanpengguna (user experience) yang optimal. Dalam prosespengembangan, dilakukan beberapa tahapan, termasuk analisiskebutuhan, perancangan antarmuka, implementasi desain,serta pengujian yang melibatkan dokumentasi dan eksplorasipengguna terhadap aplikasi VR. Hasil dari penelitian inimenunjukkan bahwa desain yang dikembangkan mampumemfasilitasi pengguna untuk memahami fitur dan fungsikedua produk secara intuitif dan mendalam tanpa keterbatasanlokasi fisik. Selain itu, elemen interaktif seperti visualisasiproduk 3D dan simulasi berbasis VR memberikan pengalamanyang realistis dan mendukung pengenalan produk secarainovatif. Kesimpulannya, desain UI/UX aplikasi VR yangdihasilkan telah memenuhi kebutuhan untuk mengenalkanSmart Mannequin dan Automation Weapon Rack secaraefektif, sekaligus memberikan peluang untuk pengembanganlebih lanjut dalam penerapan teknologi VR untuk pemasarandan edukasi produk Kata kunci— UI/UX, Virtual Reality, Smart Mannequin,Automation Weapon Rack, Interaktif
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025