Jurnal Kajian Islam dan Sosial Keagamaan
Vol. 2 No. 4 (2025): April - Juni

Peran Keterampilan Menjelaskan Dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Siswa

Khoiriyah, Binti Fatimatul (Unknown)
Putri, Apriliany (Unknown)
Faelasup (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2025

Abstract

Abstrak Penelitian ini membahas pentingnya keterampilan menjelaskan dalam pembelajaran pendidikan agama sebagai faktor krusial dalam meningkatkan pemahaman keagamaan siswa. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur, penelitian ini mengkaji bagaimana guru yang mampu menjelaskan secara efektif dapat menyederhanakan konsep-konsep agama yang abstrak, mengaitkan materi dengan kehidupan nyata siswa, serta menyentuh aspek afektif dan spiritual mereka. Teori konstruktivisme dan humanistik menjadi landasan teori utama yang menunjukkan bahwa proses pembelajaran agama tidak hanya meliputi transfer pengetahuan, tetapi juga pembentukan kesadaran, karakter, dan spiritualitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menjelaskan yang baik dapat meningkatkan motivasi belajar, literasi agama, berpikir reflektif, dan internalisasi nilai-nilai agama dalam kehidupan siswa. Namun, tantangan dalam implementasinya seperti keterbatasan waktu, literasi digital guru, dan keberagaman latar belakang siswa menuntut pengembangan kompetensi guru secara berkelanjutan. Studi ini merekomendasikan peningkatan kapasitas pedagogis guru, pengembangan materi yang komunikatif, dan pengintegrasian teknologi pembelajaran sebagai strategi utama untuk memperkuat peran keterampilan menjelaskan dalam pembelajaran agama yang transformatif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jkis

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Kajian Islam dan Sosial Keagamaan (E-ISSN : 3026-2003) yang diterbitkan oleh CV.ITTC Indonesia fokus menerbitkan artikel penelitian bidang kajian Agama Islam. Ruang lingkupnya meliputi (1) teologi Islam; (2) hukum Islam; (3) pendidikan Islam; (4) Mistisisme dan Filsafat Islam; (5) ekonomi ...