Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi orang tua terhadap pencapaian hasil belajar siswa kelas III di SDN Adipala 01. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologis. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 26 orang yang terdiri dari siswa, guru kelas, dan orang tua siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi menurut model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Dukungan yang diberikan meliputi dorongan moral, penyediaan fasilitas belajar di rumah, serta komunikasi aktif dengan guru. Siswa yang mendapat dukungan optimal dari orang tua cenderung menunjukkan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang kurang mendapat perhatian dari orang tuanya.
Copyrights © 2025