Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi kepemimpinan visioner kepala sekolah dalam merespons tantangan pendidikan abad ke-21 di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Latar belakang penelitian ini berangkat dari kebutuhan mendesak akan kepemimpinan yang adaptif, transformatif, dan kontekstual dalam menghadapi dinamika global yang ditandai oleh kemajuan teknologi, globalisasi, dan kompleksitas kebutuhan peserta didik. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui teknik wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi terhadap kepala sekolah, guru, komite sekolah, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah dengan gaya kepemimpinan visioner mampu merumuskan visi jangka panjang yang inspiratif, menginternalisasikan nilai visi ke seluruh warga sekolah, serta menerapkan strategi-strategi kolaboratif dan inovatif, seperti penguatan budaya sekolah, pengembangan kapasitas guru, serta pemanfaatan teknologi pendidikan. Temuan juga menunjukkan bahwa kepala sekolah visioner tanggap terhadap perubahan kebutuhan konstituen, proaktif dalam membangun jaringan kemitraan, serta menjadikan nilai-nilai etis dan moral sebagai dasar kepemimpinan.
Copyrights © 2025