Untuk tercapainya tujuan dari pendidikan sesuai yang tercantum dalam UU No, 20 Tahun 2003 pasal 3, pendidikan harus memiliki komponen-komponen pendukung pembelajaran yang tepat salah satunya yaitu media pembelajaran. Dari hasil observasi dan wawancara, bahwa media pembelajaran untuk materi fiber optic masih bersumber dari bahan ajar kurikulum 2013 yang isinya belum lengkap sesuai dengan capaian pembelajaran yang diterbitkan oleh Kemendikbud untuk kurikulum Merdeka kelas XI TKJ. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu media pembelajaran berbentuk E-book interaktif untuk materi fiber optic di kelas XI TKJ SMK Negeri 22 Jakarta. Metode pengembangan yang digunakan yaitu Multimedia Development Life Cycle (MDLC) Luther-Sutopo yang terdiri dari enam tahap, yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Pengujian kelayakan produk yang dilakukan oleh ahli materi mendapatkan hasil sebesar 100% termasuk ke dalam kategori “Sangat Layak”, pengujian kelayakan produk yang dilakukan oleh ahli media mendapatkan hasil sebesar 88,89% termasuk ke dalam kategori “Sangat Layak”, dan pengujian produk oleh responden menghasilkan skor rata-rata sebesar 74,70 termasuk ke dalam kategori “Acceptable” pada tingkat penerimaan dan “Good” pada tingkat adjective. Berdasarkan hasil penilaian, menunjukkan bahwa E-book interaktif dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran tambahan mengenai materi fiber optic di kelas XI TKJ SMK Negeri 22 Jakarta.
Copyrights © 2025