JURNAL PETIK
Vol. 9 No. 2 (2023): Volume 9 No 2 Tahun 2023

Implementasi Pembelajaran Berbasis STEAM (Science. Technology, Engineering, Art, Mathemathycs) Dalam Pembuatan Alat Penyaring Udara Terhadap Keterampilan Rekayasa Siswa Pada Materi Pencemaran Udara

Saputra , Indra Dodo (Unknown)
Mulyani, Leni Sri (Unknown)
Nurwalifah , Wini Asiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2023

Abstract

Abstrak — Pentingnya keterampilan rekayasa pada siswa dan meningkatnya kesadaran akan kualitas udara. melalui pembuatan proyek alat penyaring udara, siswa dilatih menerapkan konsep sains, teknologi, rekayasa, seni dan matematika secara terintegrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi pembelajaran berbasis STEAM terhadap keterampilan rekayasa dalam pembuatan alat penyaring udara dengan pokok bahasan pencemaran udara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X 11 dengan jumlah 35 siswa yang merupakan sampel penelitian dan dipilih dengan menggunakan teknik acak kelas atau Simple Random Sampling Class. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dengan instrumen penelitian lembar observasi untuk mengetahui keterampilan siswa. Hasil penelitian menunjukkan implementasi pembelajaran berbasis STEAM siswa termasuk dalam kategori “Desainer Berkembang” dan “Desainer Awal Tumbuh”. Berdasarkan analisis data, kategori yang paling tinggi terdapat pada kategori “Desainer Berkembang” karena memperoleh nilai 248 dan rata-rata 124 yang termasuk pada peringkat III. Keterampilan rekayasa siswa pada indikator “Pikir” yaitu siswa mampu menyelesaikan masalah dengan baik, pada indikator “Desain” siswa dapat mengembangkan gagasan secara sederhana dan pada indikator “Buat” siswa mampu menyiapkan alat dan bahan untuk membuat alat penyaring udara dengan cukup lengkap. Sedangkan, kategori yang paling rendah berada pada kategori “Desainer Awal Tumbuh” dengan nilai 193 dan rata-rata 96,5 yang termasuk kedalam perigkat II. Hal ini ditunjukkan oleh keterampilan rekayasa siswa pada indikator “Uji”, dimana siswa masih kurang mampu melakukan refleksi terhadap proses pembuatan alat penyaring udara. Penggunaan pembelajaran ini sangat berdampak terhadap keterampilan rekayasa siswa. Siswa menjadi lebih percaya diri, kreatif, dan siap menghadapi tantangan di masa depan. Selain itu, proyek pembuatan alat penyaring udara juga dapat memberikan kontribusi nyata bagi lingkungan. Kata kunci — Implementasi, pembelajaran berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematycs , keterampilan siswa, alat penyaring udara, pencemaran udara. Abstract — This reseach aims to examine the implementation of STEAM-based learning on engineering skills in making air filters with the topic of air pollution. This study is motivated by the importance of engineering skills in students and increasing awareness of air quality. Through the creation of an air filter project, students are trained to apply the concepts of science, technology, engineering, art and mathematics in an integrated manner. The subjects of this study were 35 students in grade X 11 who were the research sample and selected using a random class technique or Simple Random Sampling Class. The method used is a descriptive method. The data collection technique used in this study was observation with an observation sheet research instrument to determine student skills. The results showed that the implementation of STEAM-based learning for students was included in the categories of "Developing Designers" and "Early Growing Designers". Based on data analysis, the highest category was in the "Developing Designer" category because it obtained a score of 248 and an average of 124 which was ranked III. Students' engineering skills in the "Think" indicator are students who are able to solve problems well, in the "Design" indicator students can develop ideas simply and in the "Create" indicator students are able to prepare tools and materials to make air purifiers quite completely. Meanwhile, the lowest category is in the "Early Growing Designer" category with a score of 193 and an average of 96.5 which is included in rank II. This is indicated by students' engineering skills in the "Test" indicator, where students are still less able to reflect on the process of making air purifiers. The use of this learning has a significant impact on students' engineering skills. Students become more confident, creative, and ready to face challenges in the future. In addition, the air purifier manufacturing project can also make a real contribution to the environment. Keywords — Implementation, STEAM-based learning (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics), student skills, air filter, air pollution

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

petik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tekologi Informasi dan Komunikasi (PETIK) adalah Jurnal yang memiliki fokus dibidang Pendidikan, Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal PETIK ber-issn : 2460-7363 dan e-ISSN : 2614-6606. Sedangkan terbitan pada Jurnal PETIK terbit sebanyak dua kali dalam setahun yaitu pada ...