Kegiatan ini bertujuan untuk mengeksplorasi proses kreatif mahasiswa dalam proyek pembuatan mini vas sebagai bagian dari bentuk pengabdian masyarakat. Melalui pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini menggali bagaimana mahasiswa mengembangkan ide, mengambil keputusan desain, serta memanfaatkan bahan daur ulang secara efektif dan inovatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mampu menunjukkan tingkat kreativitas yang tinggi, terutama dalam pemilihan material bekas seperti botol plastik dan penggunaan elemen dekoratif yang tidak konvensional. Proyek ini tidak hanya meningkatkan kesadaran ekologis mahasiswa, tetapi juga mengembangkan keterampilan teknis dan artistik yang berperan dalam pembentukan soft skills. Meskipun menghadapi kendala seperti keterbatasan alat dan waktu, mahasiswa menunjukkan kemampuan adaptif dan solusi kreatif selama proses pengerjaan. Penelitian ini menegaskan pentingnya penyediaan lingkungan pembelajaran yang fleksibel dan aplikatif untuk mendukung pengembangan potensi kreatif mahasiswa secara maksimal.
Copyrights © 2025