Kegiatan ini bertujuan untuk Meningkatkan kemampuan guru dalam merancang pembelajaran yang kreatif dengan memanfaatkan media permainan edukatif. Hal ini mendukung implementasi Kurikulum Merdeka yang mengedepankan proses belajar yang bermakna, menyenangkan, serta berpusat pada peserta didik. Kegiatan dilaksanakan dalam tiga tahapan utama, yaitu sosialisasi dan pengenalan media, workshop pengembangan media, serta evaluasi keterampilan dan respon guru. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa 100% guru memahami konsep dasar media pembelajaran berbasis permainan setelah mengikuti sosialisasi. Sebanyak 90% guru berhasil menyusun prototipe Ludo Edukatif sesuai materi ajar dalam sesi workshop, dan 95% guru menunjukkan peningkatan keterampilan serta antusiasme dalam menggunakan media tersebut. Hasil ini memperlihatkan bahwa guru mampu mengintegrasikan pemahaman konseptual dengan praktik melalui penggunaan media yang menarik serta interaktif. Secara keseluruhan, hasil kegiatan ini mengungkapkan bahwa penggunaan educational games merupakan pilihan strategi pembelajaran yang mampu mendorong peningkatan motivasi, kreativitas, serta mutu proses belajar mengajar. Media Ludo Edukatif yang dikembangkan terbukti mudah diterapkan dan berpotensi memperkaya metode pembelajaran di sekolah secara berkelanjutan.
Copyrights © 2025