Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang memungkinkan guru untuk memfasilitasi keragaman kebutuhan belajar siswa. Pembelajaran berdiferensiasi di Sekolah dasar adalah salah satu dari wujud implementasi kurikulum merdeka. SDN burengan 2 merupakan salah satu sekolah penggerak yang telah mengimplementasikan kurikulum merdeka pertama kali dibandingkan dengan sekolah lainnya di Kediri. Pengalaman Guru-guru telah mendapatkan berbagai pelatihan tentang kurikulum dan khususnya pembelajaran berdiferensiasi dan menerapkannya dalam pembelajaran diĀ  kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Teori dan praktik pembelajaran berdiferensiasi di SDB Burengan 2 Kediri dan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga aspek dalam pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi diantaranya adalah aspek perencanaan pembelajaran berbasis kesiapan belajar, minat dan profil belajar siswa, implementasi pembelajaran berbasis diferensiasi konten, proses dan produk serta evaluasi pembelajaran berbasis diagnostik, formatif dan sumatif. Implementasi pembelajaran di SDN burengan 2 kediri menunjukkan adanya keselarasan antara perencanaan, praktik dan evaluasi pembelajaran. Serta menunjukkan praktik pembelajaran berdiferensiasi yang cukup beragam antar jenjang kelas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat keselarasan antara teori dan impelementasi pembelajaran berdiferensiasi di SDN Burengan 2 Kediri.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025